Senin, 22 Juli 2013

Suka kesel kan kalau kalau tiba-tiba kinerja komputer/laptop kesayangan yang tadinya prima kini berubah menjadi lemot ? Nah, jangan terburu-buru beranggapan bahwa kinerja hardware kita melemah. Bahkan jika awam, kita malah buru-buru merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk keperluan upgrade memory (RAM) atau malah ganti CPU. Yang lebih extrim, malah ganti laptopnya.Coba periksa dulu apakah komputer/laptop kita benar-benar bersih dari serangan virus atau spyware ?

Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasan atau prilaku pengguna komputer tanpa disadari. Biasanya spyware masuk dan menginfeksi komputer dikarenakan pengguna melakukan aktifitas download content website atau menginstall program tertentu dari situs yang tidak dikenal. Program spyware akan mengumpulkan data pengguna komputer di sebuah file Log, dan mengirimkan hasilnya kepada pembuatnya.
Data yang dikirim bisanya berupa data pribadi seperti halnya alamat email, password, link-link yang pernah di akses sebelumnya.
Kerugian lainnya selain pembocoran data-data tersebut, spyware juga akan membuat boros bandwidth dengan mengirimkan pop up iklan-iklan terus menerus kepada pengguna.


Berikut ini adalah ciri komputer yang terkena serangan spyware :
  1. Terdapat toolbar/bookmark/link baru pada browser (IE,Firefox,etc) yang sama sekali belum pernah dilihat.
  2. Kinerja device menjadi lebih lambat, apalagi jika terkoneksi dengan jaringan internet.
  3. Settingan home page, mouse pointer dan kolom default searching berubah dengan sendirinya.
  4. Terkadang ketika pembaca lagi enak-enak browsing ke suatu alamat tertentu maka muncul alamat site lain secara masal dan membebani koneksi.
  5. Membuka browser terasa berat, malah terkadang crash/hang/macet.
Naah .. jika kondisi komputer/laptop anda sudah seperti itu, yang seharusnya dilakukan adalah bukan meng-upgrade memory (RAM) ataupun mengganti processor. Yang jelas memformat ulang hardisk anda, bukanlah solusi terbaik dalam mengatasi masalah seperti ini.

Lalu apa yang harus dilakukan ??

Baca pada artikel saya yang berjudul Tips membersihkan Spyware


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog ini, silahkan dikomentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan.