Selasa, 17 Desember 2013

Apakah usaha yang anda jalankan selama ini berjalan terasa biasa-biasa saja tanpa perkembangan dan terasa seolah jalan ditempat ? Rasanya sudah banyak biaya yang anda keluarkan untuk melakukan promosi produk produk yang anda pasarkan, namun hasilnya tetap saja tidak maksimal.
Dalam tulisan ini saya ingin share hal-hal yang sepele namun sangat berpengaruh dalam pengembangan bisnis sobat pembaca.

1. Jalin Komunikasi dengan pelanggan
Seperti kita ketahui bersama bahwa bisnis terjadi dikarenakan ada kebutuhan dan pelayanan. Namun bagaimana anda mengetahui kebutuhan pelanggan anda apabila anda segan menjalin hubungan komunikatif kepada customer anda. Survey membuktikan bahwa apabila dalam 1 bulan anda tidak menghubungi atau berkomunikasi dengan klien anda, maka anda telah kehilangan 10% pengaruh anda kepada klien tersebut. Itu artinya juga anda kehilangan peluang 10% kesempatan dalam berbisnis. Ingat teman, dapatkan peluang bisnis disetiap kesempatan. Biasakanlah menyapa calon pelanggan anda ataupun yang telah menjadi customer anda dengan menelponnya dengan sekedar mengucapkan "Apa Kabar". Ini terbukti meningkatkan bisnis anda sebanyak 17%

2. Tak kenal maka tak sayang.
Rata-rata pembeli tidak bisa menyebutkan nama penjual. Perhatikan contoh kasus dibawah ini. si A tertarik dengan baju si B yang dibelinya dipasar Tanah Abang, lalu si A bertanya pada si B, "Beli dimana baju mu ini ?" si B menjawab "dipasar Tanah Abang di Toko Bunga Abadi. Disana bajunya bagus-bagus.". Suatu hari, si A pergi ke pasar Tanah Abang dan menuju toko Bunga Abadi. Dia bertanya kepada salah satu penjual baju disana dengan menyebutkan ciri-ciri baju. Sejenak si A berfikir untuk membeli baju dengan motif yang sama dengan milik B, namun diurungkan niatnya dengan kekhawatiran takut ikut-ikutan. Setelah melihat sekeliling toko itu tetap tidak ada baju yang menarik hatinya si A pun pergi dengan bergumam "si B berbohong padaku, katanya baju disana bagus-bagus".
Situasi seperti ini tidak akan terjadi apabila si A tadi dilayani oleh si Yuni, yaitu sales yang menjualkan baju kepada B. Yuni adalah sales yang mengetahui trend baju. Berbekal tulisan diatas ini, biasakanlah memperkenalkan diri anda kepada calon pelanggan anda, dan pastikan pelanggan anda mengenal nama anda dengan baik, agar pelanggan anda bisa mempromosikan nama anda kepada teman-temannya ketika pelanggan puas terhadap pelayanan jasa anda.

3. Tingkatkan loyalitas Pelanggan
Dengan hanya peningkatan loyalitas pelanggan sebanyak 5% saja maka akan menghasilkan peluang 20% hingga 80% potensi bisnis. Rata-rata pengusaha akan kehilangan 30% pelanggannya setiap 3 tahun, dan akan menambah biaya 6 hingga 7 kali lebih besar dari sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog ini, silahkan dikomentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan.