Rabu, 04 Desember 2013

Cara yang umum dilakukan orang untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan kelebihan tingkat kolesterol adalah dengan cara menurunkan porsi makan dan meningkatkan aktifitas misalnya seperti memperbanyak olahraga. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah tidak semua orang tahan dengan rasa lapar sehingga program diet pun menjadi gagal. Namun anda jangan khawatir, ada beberapa cara yang membuat anda makan dengan porsi lebih sedikit namun perut tetap kenyang.

Berikut ini ada 6 macam cara mengkonsumsi makanan yang akan membuat anda kenyang lebih cepat

1. Makan Dengan Perlahan
Ketika anda makan dengan perlahan, maka otak akan mengirimkan signal yang membuat anda akan merasa kenyang, sehingga anda akan mengurangi porsi makan. Perlu anda ketahui bahwa otak membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit bahwa perut sudah kenyang. Jika anda terbiasa menghabiskan 1 piring nasi dalam tempo 5 menit, maka otak belum menyadari bahwa sebenarnya perut anda sudah kenyang, jadi pastikan makan dengan perlahan dan kunyah makanan anda hingga benar-benar halus. Hal ini berfungsi untuk memperpanjang waktu makan.

2. Makan Dengan Porsi Kecil, Namun Sering
Jika anda terbiasa makan melewati batas waktu jam makan anda, ada kemungkinan anda akan makan dengan cara berlebihan dikarenakan rasa lapar. Sebaiknya anda makan dalam porsi yang kecil namun sering, misalnya setiap 2 atau 3 jam sekali. Hal ini akan mencegah anda dari rasa lapar. Juga, makan dalam porsi yang kecil namun sering akan mampu membantu tubuh anda tetap aktif membakar kalori, sehingga tubuh anda terasa segar.

3. Makan Dengan Makanan Pembuka 10 menit Sebelum Memakan Makanan Utama
Makanan pembuka ini dapat di contohkan misalnya : sepiring salad atau sayuran yang berkaldu (sup). Hal ini akan membuat anda cepat kenyang. 

4. Makan Di Piring Yang Kecil
Saat anda menghabiskan makanan di pring yang kecil, maka alam bawah sadar anda akan menganggap bahwa anda telah makan sepiring penuh makanan, sehingga otak akan memberikan isyarat visual bahwa anda telah kenyang.

5. Makan makanan berserat tinggi
Makanan yang mengandung serat tinggi akan membuat anda lebih cepat kenyang. Makanan yang berserat tinggi akan memasok tubuh 20 persen lebih sedikit dari makanan berserat rendah. Beberapa contoh makanan tinggi serat seperti Gandum, beras merah, bayam, brokoli, kubis, asparagus, paprika, wortel, labu.

6. Tutup Acara Makan Anda Dengan Mengkonsumsi Buah
Saat acara makan anda selesai, tutuplah dengan mengkonsumsi buah. Jangan jadikan buah tersebut menjadi jus, karena buah yang masih utuh akan berisi air dan serat lebih banyak di bandingkan yang telah menjadi jus.

1 komentar:

Terima kasih sudah mampir di blog ini, silahkan dikomentari menggunakan bahasa yang baik dan sopan.